Sekali Dayung, Dua Tiga Pulau Terlampaui Dengan Federal Matic

135274_620

Sumber : Google.com

Tak terasa kita sudah memasuki Bulan Agustus 2017. Kegiatan sekolah sudah dimulai seperti biasanya sejak Juli kemarin, termasuk juga kuliah saya yang sudah dimulai. Liburan selama 2 bulan habis sudah tak bersisa. Jalanan di sekitar kampus jadi makin ramai setelah 2 bulan sepi ditinggal mahasiswanya. Yogyakarta yang sudah sangat panas karena kemarau, bertambah panas karena penduduknya bertambah. Saya pun jadi salah satu penyebab bertambah panasnya Yogya. Hehe, maaf ya Yogya. Saya nggak buat onar kok, cuman mau menuntut ilmu saja 🙂 🙂

jogjapanaas

Suasana Jogja yang Panas

Suhu rata – rata Yogya setiap harinya saat musim kemarau sekitar 32 derajat celsius. Meskipun terkadang Yogya akan mendung di sore hari, tetap saja di siang hari panasnya luar biasa. Saking panasnya suhu di luar, saya jadi males sekali untuk keluar kos, sekalipun untuk cari makan. Kalo kuliah pun, saya juga enggan untuk keluar dari gedung jurusan, dan memilih untuk bertahan di dalam sambil internetan gratis hehe. Kalo pun sudah sangat desperate (baca : kelaperan), entah saat di jurusan atau saat di kos, saya pun jadi terpaksa keluar dengan menggunakan motor matic kesayangan saya dan satu – satunya. Selain karena panasnya cuaca, jurusan dan kosan saya memang jauh dari tempat makan. Butuh waktu minimal 10 menit jalan untuk sampai ke tempat makan terdekat. Eits, bukan kantin kampus ya. Kantin kampus mahal jadi lebih milih makan di warung aja. Gini nih namanya anak kos. Semuanya harus diperhitungkan dengan matang. Karena makan di dalam kampus dibandingkan makan di luar lebih murah di luar, saya jadi lebih suka makan di luar kampus. Meskipun harus mengeluarkan uang lebih untuk bensin, tapi lebih hemat makan + bensin dibanding makan di kantin. Wah kantin mana nih mahal bener? Rahasiaaaa.

Awalnya sih, sekitar satu tahunan Yogya, rasanya motor saya hemat – hemat aja bensin nya. Seminggu cukup mengeluarkan 10 – 15 ribu untuk mengisi tangki bensin. Tapi nggak full ya. Jadi di motor saya ada 9 kotak penanda penuhnya bensin, kalo 9 berarti penuh. Saya nggak pernah menghabiskan bensin motor saya dibawah 4, 5 kotak lah maksimal saya sisain supaya nggak kaget kalo tiba – tiba bensinnya habis. Kurang lebih sekitar 4 kotak tersebut yang hilang untuk seminggu transport bolak – balik kosan – kampus yang berjarak sekitar 2 kilometer. Tapi, entah karena motornya yang udah tua (motor matic saya keluaran 2012), atau karena saya makin sering mondar – mandir kesana kemari pakai motor, saya jadi sering beli bensin. Biasanya ya cukup seminggu sekali, belakangan ini jadi dua kali seminggu. Kalo kaya gini terus, visi saya untuk hidup hemat jadi rusak karena kebanyakan beli bensin. Saya pun mengingat – ingat sudah sejauh mana ya, selama seminggu ini saya pergi pakai motor? Selain boros bensin, rasanya gasnya kurang mantap, kalau buat ngebut masih bisa, tapi waktu awal dinyalakan motornya, harus di gas dulu berkali – kali biar enak dipakai.

Karena saya perempuan, saya tidak begitu paham dan tertarik dengan dunia otomotif, maka saya pun juga tidak tahu penyebab motor saya menjadi seperti itu. Saya pun mencari tahu lewat internet, dengan berbagai macam keyword, misalnya ‘motor susah ngebut’, ‘motor jadi boros bensin’ dan ‘motor kurang bertenaga’. Setelah searching – searching di internet, saya menyimpulkan bahwa motor saya mungkin mengalami gejala panas berlebih, atau istilah kerennya overheat. Overheat adalah keadaan dimana suhu komponen mesin motor melewati batas normalnya. Dan ternyata, apabila overheat nya sudah parah, bisa menimbulkan akibat yang fatal pula. Mesin bisa mati seketika ketika masih di jalan (mogok), sampai kerusakan pada dalam mesin sendiri.

Penyebab-Motor-Overheat

sumber : Google.com

Berbekal pengetahuan dari internet, saya bergegas ke bengkel dekat kosan saya keesokan harinya. Saya bilang pada bapak – bapak service kalau saya ingin ganti oli motor. Saya membaca – baca artikel kemarin malam, bahwa ternyata ada oli motor matic yang spesialis dingin dari Federal Oil, Federal Matic namanya.

FEDERALMATIC

Saya pun juga langsung memberi tahu jenis oli Federal Matic yang ingin saya gunakan pada motor matic saya. Loh, tau dari mana ?

how-to-1350

Cara menggunakan fitur Oil Suggestion

Nah, waktu saya browsing – browsing mencari permasalahan motor saya, ternyata Federal oil punya website yang mendeskripsikan produk nya dengan lengkap, juga dilengkapi dengan fitur Oil Suggestion yang bisa memberikan rekomendasi untuk motor kesayanganmu. Karena saya takut kalau bapak – bapak di service motor memberikan oli yang salah, maka saya pun menggunakan fitur Oil Suggestion untuk motor saya. Dan rekomendasi yang keluar untuk motor kesayangan saya adalah Federal Matic 30. Langsung saja saya bilang pada bapak service nya untuk mengganti oli motor saya ke oli Federal Matic 30.

Federal_Oilgratis_dapurpacu31-300x200

Sumber : Google.com

Seperti yang kita semua lihat di jalanan, kebanyakan pengguna motor saat ini banyak yang beralih menggunakan motor matic, karena kemudahan penggunaan nya (tanpa persneling) dan cukup gesit digunakan di jalanan yang sepi maupun ramai sekalipun. Tapi perlu diingat, Motor matic yang menyediakan kemudahan bagi penggunanya saat di jalanan tertentu ternyata bisa mengalami overheat. Desain motor matic yang tertutup membuat panas yang ada dalam mesin jadi sulit keluar, sehingga menyebabkan panas berlebih. Ditambah lagi cuaca negara Indonesia yang terkenal panas, khususnya Yogyakarta yang saya tinggali sekarang. Panas yang berlebih pun juga bisa menyebabkan boros bensin, persis seperti yang saya alami. Maka, perlu perawatan khusus bagi motor matic, supaya umur motor matic bisa lebih tahan lama, menggunakan oli khusus motor matic salah satunya.

masalah motor copy

Federal Oil pun mengeluarkan oli Federal Matic spesialis dingin yang dapat mengatasi permasalahan di atas. Dinginnya gimana sih? Dinginnya disini maksudnya olinya tidak mudah panas sehingga menyebabkan cairan olinya tidak mudah menguap pula. Kadar olinya pun jadi stabil sehingga bisa bekerja secara maksimal. Cairan oli yang tidak mudah menguap, mengakibatkan komponen dalam mesin bisa terlumasi dengan baik dan rata. Karena melumasi dengan merata, gesekan antara komponen dalam mesin bisa diminimalisasi. Akibatnya? Tarikan motor jadi lebih enteng, sehingga bisa lebih gampang diajak ngebut.

 

Selain itu, Oli Federal memiliki jurus khusus yaitu heat protection formula yang dapat menjaga suhu mesin motor agar tetap stabil dan tidak mudah panas.  Suhu mesin motor yang stabil tentu membuat kinerja mesin motor akan semakin baik. Mesin motor pun jadi lebih tahan lama umurnya, dan tentu saja semakin irit bensin karena mesin motor bekerja jadi lebih efektif.

federalmatic30

Pertanyaannya, bagaimana oli Federal Matic bisa lebih dingin dari oli lainnya? Apa rahasianya?

Sudah pasti dari bahan penyusun olinya. Oli Federal Matic ini ternyata menggunakan formulasi Synthetic Special. Minyak (oil) utama (base oil) yang menjadi dasar penyusun oli Federal Matic merupakan Oli Sintetis, yaitu oli yang dibuat melalui proses Kimia sehingga bisa menghasilkan minyak (oli) yang lebih baik dibandingkan oli mineral yang dibuat dari pengolahan minyak bumi. Kelebihan oli sintetis ini dilihat dari ikatan senyawa karbon pada oli yang lebih stabil, sehingga tidak mudah bereaksi dengan panas karena titik didih nya lebih tinggi dan tidak mudah mengalami reaksi oksidasi karena ikatan yang kuat antara molekul C dan H nya.

base-oil

Selain base oil nya yang berbeda dari oli yang lain, Federal Matic juga mengandung senyawa tambahan yang membuat kerjanya lebih optimal.

Senyawa tambahan tersebut diantaranya :

  • Active Polymer Technology : Ini Teknologi yang baru ditemukan nih. Setelah saya baca – baca e-book (dan gagal paham juga sih), polimer aktif adalah polimer yang bisa menahan pengaruh dari luar, seperti panas, cahaya dan sebagainya. Dalam federal Matic ini, Active Polymer berfungsi supaya oli bisa lebih tahan lama karena tidak mudah terpengaruh dengan keadaan disekitarnya ( keadaan di mesin).
  • Advance Active Moly : Bahan ini juga merupakan molekul yang bisa memperkecil gesekan antar komponen mesin, sehingga mesin motor bisa lebih awet.
  • Double Act Cleaner : Bahan ini bisa mengikat kotoran yang dihasilkan mesin, sehingga mencegah kotoran menempel di badan mesin yang mengurangi performa mesin.

Benar saja, perbedaannya cukup signifikan setelah saya ganti olinya menjadi Oli Federal Matic. Saya mencoba untuk ngebut menuju kampus saya, nggak ngebut banget sih, maksimal 60 km/jam, tapi rasanya berbeda jauh sebelum berganti oli. Lalu saya menggunakannya selama seminggu, dan ternyata baru di hari minggu saya membeli bensin ( saya mengganti oli di hari senin dengan keadaan bensin masih full), dan 15 ribu rupiah pun cukup untuk membuat tangki bensin motor saya penuh kembali, karena hanya berkurang 3 kotak. Tidak perlu diragukan lagi, Oli Federal Matic memang oli terbaik untuk motor matic, dan terbukti setelah saya gunakan pada motor matic tua saya.

setelah federal copy

Sekali dayung, dua-tiga pulau terlampaui. Mungkin peribahasa ini cocok digunakan untuk saya setelah beralih ke oli Federal Matic. Cuma dengan mengganti oli dengan Federal Matic, saya dapat menghemat bensin, membuat motor saya jadi lebih nyaman dipakai, dan umur motor matic saya jadi lebih lama karena dirawat secara tidak langsung oleh Federal Matic.

lubeman-2017-crop

Sumber : federaloil.co.id

2x lebih efektif, 2x lebih kencang, 2x lebih bandel.

Federal matic berhasil membuktikan dengan oli spesialis dinginnya. Oli motornya yang bisa menjaga suhu mesin dan kestabilan volume cairan oli, membuat kerja mesin motor jadi 2 kali lebih efektif dibandingkan sebelumnya. Karena mesin motor bekerja lebih efektif, membuat tarikan motor jadi lebih enteng, dan membuat motor jadi 2 kali lebih kencang saat diajak ngebut. Dan yang paling penting, motor jadi gampang diajak ngebut, jadinya 2 kali lebih bandel.

Saya pun jadi tenang dan senang setelah mengganti oli motor saya. Sekarang kondisi motor saya jadi selalu oke, irit bensin dan selalu mau diajak ngebut. Saya juga berusaha untuk mengganti oli motor saya tiap 2 – 3 bulan sekali, supaya motor saya selalu dalam performa yang baik, dan yang pasti, supaya selalu spesial. Pakai Oli Federal Matic yang spesial juga harus diimbangi dengan perawatan yang baik pula bukan ?

 

 

Advertisements

3 thoughts on “Sekali Dayung, Dua Tiga Pulau Terlampaui Dengan Federal Matic

  1. bedelhoki says:

    asek… asek……
    komplit nih pembahasan artikelnya Sob, mantep.
    btw ternyata oli ngaruh banyak yak ke motor, ane baru tau hehehe

    salam blogger dan salam hoki

    • Caramello says:

      iya, karena oli kalo kelamaan ngga diganti juga bisa merusak mesin motor juga, makanya disarankan 2 bulan sekali. Terima kasih sudah mampir 🙂

comments juseyoo~

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s