PANDORA (2016)

Kalo dengar kata Pandora, saya terlebih dahulu mengingat lagu Girlband KARA yang berjudul Pandora juga haha. Jadi saya pikir film ini nggak akan se tragis ini jalan ceritanya. Yah, tapi judulnya aja udah Pandora. Sebuah kotak yang apabila dibuka akan mengeluarkan kesengsaraan, dan menyisakan harapan di dalam kotak tersebut.

Waktu awal liat film ini, nggak nyangka ternyata tokoh utamanya Kim Nam Gil, kelihatan mudaaa, padahal waktu main di Drama Bad Guy, dia terlihat lebih tua. Mungkin karena efek kumis? Disini juga ada om om Chubby, yang main di drama Misaeng. Lupa namanya siapa, dia kayaknya main banyak drama dan film, tapi belum pernah jadi tokoh utama haha. Padahal aktingnya lumayan. Tokoh utama perempuan di film ini kupikir Han Ga In, agak mirip sih, tapi ternyata bukan. Kalo Han Ga In beneran, jadi reuni drama Bad Guy deh hehe.

Kim Nam Gil di Bad Guy

Kim Nam Gil Di Pandora

Film ini terinspirasi dari pengalaman Jepang dengan Pembangkit Listrik Tenaga Nuklirnya di Fukushima, yang bocor saat terjadi gempa sekitar tahun 2011 kemarin. Sang tokoh utama, Jae Hyeok (diperankan oleh Kim Nam Gil) merupakan pegawai di pembangkit listrik tersebut bersama 3 orang temannya. Pembangkit Listrik itu dibangun di desanya, dan sebenarnya Jae Hyeok ini tidak suka bekerja di tempat itu. Selain karena radiasinya, tempat itu juga sudah merenggut nyawa ayahnya dan kakak laki – lakinya. Jae Hyeok ini tinggal di desa bersama ibunya, kakak ipar, keponakannya dan pacarnya yang bernama Yeon Joo (Kim Joo Hyun).

Keluarga Jae Hyeok

Suatu hari, di desa tersebut (atau se Korea Selatan?) terjadi gempa yang cukup besar, membuat katup cairan pendingin di salah satu reaktor nuklir mengalami keretakan. Cairan pendingin pada reaktor pun meluber keluar, namun tidak ada teknisi yang berani memperbaikinya karena tingkat radiasinya yang berbahaya. Setelah keadaan semakin parah, suhu reaktor semakin tinggi, akhirnya terpaksa beberapa teknisi diturunkan ke lokasi. Namun teknisi – teknisi tersebut melakukan tugasnya dengan seenaknya, karena ketakutan akan terjadi ledakan jika mereka tidak cepat – cepat keluar dari reaktor tersebut. Tindakan yang seenaknya ini pun malah memperburuk keadaan. Jae Hyeok yang melihat kedua orang pegawai yang terluka karena radiasi jadi teringat oleh mendiang ayah dan kakaknya. Jae Hyeok pun bermaksud untuk pulang ke rumah dan segera pergi dari pembangkit listrik tersebut. Namun ketiga temannya menolak untuk ikut dan memilih untuk tetap tinggal membantu.

Om om Chubby

Keadaan reaktor nuklir yang semakin buruk ternyata ditanggapi berbeda oleh para penguasa. Meskipun Presiden sudah ingin mengeluarkan peringatan evakuasi untuk penduduk di sekitar pembangkit, namun para bawahannya beranggapan berbeda. Peringatan evakuasi justru akan menimbulkan kepanikan nasional, pada kerusakan nya masih belum begitu besar. Karena penanganan yang tidak segera, salah satu reaktor nuklir pun meledak.

Apa yang terjadi jika reaktor nuklir meledak? Yup, radiasi akan menyebar luas dengan cepat. Namun pemerintah masih tak berani mengambil tindakan karena takut merusak citra pemerintah dan menimbulkan ketakutan terhadap pembangkit listrik nuklir. Saat reaktor tersebut meledak pun, Jae Hyeok dan semua pegawai lainnya ternyata dikunci dari luar, sehingga mereka tertimpa reruntuhan, dan penduduk desa tempat keluarga Jae Hyeok tinggal juga diungsikan ke sebuh aula dan dikunci dari luar sehingga mereka tidak tahu bahwa ada reaktor yang meledak. Untung saja Yoon Ju, pacar Jae Hyeok menyadari di luar aula, para polisi sudah kabur. Para penduduk desa pun berhasil kabur dengan menaiki bisa yang dikemudikan oleh Yoon Ju. Ternyata penduduk di luar desa pun sudah mengetahuinya dan juga segera menyelamatkan diri sejauh – jauhnya dari pembangkit listrik. Bisa dibilang kepanikan Nasional telah terjadi.

Pegawai yang terjebak di reruntuhan sudah pasti terkena radiasi yang luar biasa tinggi, hingga membuat mereka terus menerus muntah darah. Namun di tengah kepanikan nasional, dan dengan tubuh yang sudah terpapar radiasi, mereka bertekad untuk masuk kembali ke reaktor dan melaksanakan tugas untuk menyelamatkan negeri. Endingnya ? happy but sad ending. Jae Hyeok harus mati dalam misi perbaikan reaktor. Kang Jae Hyeok mati sebagai pahlawan karena berhasil menyelamatkan reaktor yang ledakan yang lebih besar lagi.

Banyaknya korban jiwa karena radiasi yang ditimbulkan oleh ledakan reaktor, menurutku sepenuhnya salah pemerintah yang terlalu berhati – hati karena tak ingin citranya buruk di mata rakyatnya dan dunia. Seharusnya orang – orang yang berkuasa bisa mengesampingkan egonya apabila menyangkut keselamatan orang banyak. Nuklir itu sebuah energi yang nggak bisa dikendalikan, saya nggak habis pikir sama bapak – bapak di film ini yang terus menerus mengeluarkan perintah yang nggak masuk akal, dan justru menambah korban jiwa. Jae Hyeok pun tidak harus mati setragis itu, sekalipun dia mati sebagai pahlawan dan akan selalu diingat oleh Presiden. Btw, bapak – bapak jahat di film ini selalu saja jadi penguasa yang jahat, saya pernah melihat bapak ini di drama Misaeng, drama The Day, dan  terakhir di film ini. Kalo di film Prison (2017) bapak ini juga jahat tapi bukan tokoh penting haha.

Bicara soal pemerintah yang sukanya menipu rakyat demi kekuasaan dan pamor, saya jadi ingat pemerintah dunia dalam komik One Piece. Pemerintah dunia di One Piece itu juga nakal banget, sukanya memalsukan laporan bawahan nya. Misalnya waktu Luffy mengalahkan Crocodile, Smoker (angkatan laut) melaporkan ke pemerintah bahwa Luffy lah yang mengalahkan Crocodile, sang shichibukai yang berbuat semena – mena di Kerajaan Alabasta. Tapi pemerintah dunia mengumumkannya sebagai prestasi pemerintah dunia, dan menaikkan pangkat Smoker juga menaikkan harga buron Luffy. Ditambah lagi waktu perang Pemerintah Dunia vs Shirohige, Odacchi (Pengarang One Piece) menggambarkan betapa gila kekuasaan si Pemerintah Dunia, hingga tak ada bedanya keadilan dengan kejahatan, karena Pemerintah Dunia yang terlalu bernafsu membunuh Luffy dalam perang tersebut. Oke, nggak penting.

Beberapa tokoh penting di Film Pandora

 

Advertisements

comments juseyoo~

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s