INSANE (2016)

Buat mengisi waktu luang dan menunggu masa pengisian krs yang tak kunjung dibuka (di php in mulu sama departemen) saya banyak menonton film. Semua drama korea di laptop sudah habis dibabat sejak tahun kemarin (nggak pernah update drama lagi), dan saya memang lagi bosan liat drama, maka saya beralih ke Film. Tapi film yang dilihat masih film Korea juga sih haha, dan liatnya juga masih lewat laptop. Jadinya seperti liat drama Korea versi pendek. Padahal awalnya Cuma mau minta The Boss Baby. Dasar penikmat film ilegal dan nggak modal, jangan ditiru ya.

Film Korea yang baru saya tonton, judulnya Insane. Film ini menceritakan tentang seorang PD (producer Director) bernama Na Nam Soo (diperankan oleh Lee Sang Yoon) yang mendapat kiriman berupa diary milik wanita bernama Kang Soo Ah (diperankan Kang Ye Won) yang merupakan seorang pasien Rumah Sakit Jiwa yang dibawa secara paksa ke rumah sakit jiwa itu.

Rumah sakit jiwa tersebut terbakar setahun yang lalu dan Kang Soo Ah adalah salah satu korban selamat. Namun, nama Kang Soo Ah tidak ada dalam daftar pasien di RSJ tersebut. PD Na Nam Soo pun tertarik dan mengangkat tulisan dalam diary tersebut sebagai bahan acaranya. Tetapi, ternyata Kang Soo Ah ini juga tersangka pembunuhan ayah tirinya, Kang Byeong Joo, seorang direktur polisi. Pembunuhan itu pun terjadi di hari yang sama dengan hari terbakarnya Rumah Sakit Jiwa tersebut.

Kenyataan dibalik tulisan diary tersebut ternyata lebih dalam dari yang dibayangkan. Kang Soo Ah yang awalnya tak mau bicara apapun pada PD Na Nam Soo, mulai terbuka dan menceritakan yang dialaminya di dalam Rumah Sakit Jiwa tersebut. Rumah Sakit Jiwa itu milik adik kelas dari Kang Byeong Joo, ayah tirinya, dan selain sebagai tempat tinggal orang sakit jiwa, pemilik Rumah Sakit Jiwa itu juga menjual organ dalam milik pasiennya. Tak ada jalan keluar bagi Kang Soo Ah untuk bisa bebas dari Rumah Sakit Jiwa itu, hingga membuatnya semakin lama semakin gila pula.

Jujur, waktu saya melihat film ini, saya juga merasa seperti stress juga, bukan stress kehilangan pikiran gitu, karena ada banyak darah dan kekerasan dalam film ini jadi rasanya juga seperti gila haha. Dimulai dengan penculikan Kang Soo Ah dijalan, dia diseret, dimasukkan ke ambulans, kemudian diikat di kursi roda, dan diinjak – injak. Lalu diperlihatkan juga ruang operasi yang berdarah – darah, dan katanya ketika pasien sudah masuk ruang operasi, mereka takkan kembali lagi. Terlalu bawa perasaan ya kayaknya.Yang bikin gila(?) juga, plot twist di endingnya. Na Nam Soo ditipu sama Kang Soo Ah, hahahahahaha. Aktingnya Kang Ye Won emang luar biasa.

Tapi ada beberapa bagian yang aneh di plot ceritanya, menurutku sih. Di awal cerita, PD Na Nam Soo yang sedang syuting di bekas Rumah Sakit Jiwa itu menemukan mantan perawat Rumah Sakit Jiwa itu, namanya Han Dong Sik, yang ditemukan dalam keadaan luka parah. Kebakaran rumah sakit sudah terjadi setahun yang lalu, bagaimana bisa masih ada seseorang di dalam rumah sakit itu, bertahan hidup selama setahun dengan luka parah yang bukan main? Kenapa ngga ditemukan waktu kebakaran setahun lalu? Ditambah lagi, Han Dong Sik ini menjadi saksi kunci dalam acara PD Na Nam Soo, dan menyebutkan bahwa Kang Soo Ah merupakan pasien dari Rumah Sakit Jiwa tersebut, padahal dari plot twistnya di akhir film, yang dirawat di Rumah Sakit Jiwa itu bukan Kang Soo Ah, melainkan ibunya (Lengkapnya liat film nya sendiri ya hehe). Dan tiba – tiba Han Dong Sik diceritakan kabur dari rumah sakit, entah apa alasannya.

Han Dong Sik

Kalo yang aku baca dari review – review di internet sih, film ini juga merupakan kritik terhadap pemerintah Korea Selatan mengenai hukum mengenai pasien rumah sakit jiwa, yang mana orang normal pun bisa menjadi pasien rumah sakit jiwa asalkan ada persetujuan dari 2 orang walinya. Terlepas dari latar belakang dibuatnya film ini, aku salut sama akting aktor dan aktris di Film ini, ditambah efek – efek juga editingnya, yang membuat penonton nya juga merasakan tekanan yang dirasakan Kang Soo Ah saat disekap dalam rumah sakit jiwa itu.

Well, menurutku ini film yang recommended, khususnya kamu yang suka film Korea, dan suka film – film detective- thriller. Kalo yang nggak suka tapi penasaran, bisa kok nonton juga. Nanti jadinya kayak saya yang gemeteran seharian haha

 

 

 

 

Advertisements

comments juseyoo~

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s