Author's Present

Belanja Bersama Prelo!

Siapa yang dirumahnya tidak punya barang yang tak terpakai? Ngacung!

Pada gambar diatas, pasti ada paling tidak satu barang yang jarang dipakai oleh pemilik kamar, iya nggak? Jelas. Semua orang didunia ini punya barang yang tak terpakai lagi, namun masih disimpan di rumah. Lho, terus kenapa orang harus punya yang nggak dipakai didalam rumahnya? Alasannya banyak kawan, ada yang tidak punya waktu buat menggunakannya (well, kita Cuma punya waktu 24 jam yang entah kenapa jadi terasa cepat belakangan ini), ada yang sudah bosan, atau ada yang ..  yaa Cuma nggak suka aja sama barang itu jadi nggak dipake. Lalu, masalah pun muncul. Harus dikemanakan barang – barang ini? Kalau disimpan, makan tempat. Kalau dibuang, sayang. Udah beli mahal – mahal.

Kalau dijual ? Bisa!

Sekarang nggak perlu lagi merasa malu pergi ke pasar jual beli barang bekas untuk menjual barangmu, atau mager pergi ke pasar jual beli barang bekas karena jauh, karena, di era digital ini kamu bisa menjual barang tak terpakai mu tanpa harus keluar rumah!  Sekarang, sudah muncul aplikasi e-commerce yang anti mainstream, yang menjual barang secondhand, Namanya Prelo.

Prelo merupakan aplikasi berbasis e-commerce yang membantu masyarakat Indonesia untuk menjual barang bekas yang dimiliki. Tidak cuma menjual, pengguna juga bisa membeli barang bekas melalui aplikasi ini. Buat kalian yang merasa bingung – bingung saat memakai aplikasi baru, ngga perlu khawatir, menurut saya aplikasi Prelo itu user friendly. Saya juga salah satu orang yang mudah kebingungan saat memakai aplikasi baru. Namun, dengan Prelo, waktu download sekali, langsung bisa menggunakannya dengan lancar. Karena Prelo menggunakan bahasa pengantar Bahasa Indonesia, dan menggunakan istilah – istilah umum yang diketahui banyak orang. Saya pun tidak kesulitan saat akan mencari barang yang diinginkan atau ingin menggunakan fitur jual barang.

Screenshot_2017-05-17-09-57-20-528_com.prelo.android
Halaman depan Aplikasi Prelo

Istilah barang bekas terkesan sebagai barang yang sudah lama tidak dipakai, sehingga mempunyai warna yang kusam, atau cacat di sana sini. Pada aplikasi Prelo ini, dikenalkan istilah baru yang lebih keren , yaitu barang preloved. Pada dasarnya, arti preloved ini hampir sama dengan second / bekas, namun barang preloved memiliki arti yang lebih luas. Dikutip dari artikel ini, barang preloved itu tidak harus barang yang sudah dipakai, bisa juga barang yang belum dipakai. Tapi, yang jelas barang preloved itu barang milik sendiri yaa, kan nggak lucu jual barang punya orang lain, hihi. Intinya barang preloved merupakan barang yang pernah menjadi milik kita, entah pernah dipakai atau tidak. Tapi, barang second yang dijual lewat Prelo harus dalam kondisi prima ya kawan. Jangan sampai menjual barang preloved yang sudah butut dan bulukan.

Lah, kenapa?

Nggak ada yang beli. Serius.

Jual – beli menggunakan Prelo ini banyak banget keuntungannya kawan, nggak Cuma sebatas catalog barang dari penjual buat pembeli aja. Yang pertama, penjual bebas menjual barang bekasnya kapanpun kamu mau, waktu senggang, atau lagi butuh duit nggak perlu – perlu repot – repot cari pasar barang bekas. Penjual juga bisa menaksir harga barangnya sendiri sesuai dengan keadaan asli barangnya. Jangan tipu – tipu ya kawan dengan menjual barang nggak sesuai dengan keadaan asli barangnya.

Kalo bingung mau menentukan harga untuk barang bekasmu, nih aku ada rumus rahasia =

Harga barang preloved < Harga Beli

(Hehe)

Keuntungan yang kedua, penjual dan pembeli bisa berhubungan lewat aplikasi Prelo, tidak perlu keluar dari aplikasi untuk bisa menawar harga. Prelo menyediakan fitur percakapan supaya penjual dan pembeli bisa tawar menawar barang. Hebatnya lagi, jika harga sudah disepakati, harga pada belanjaan kita akan berubah sesuai harga kesepakatan tersebut. Canggih kan?

Lalu, keuntungan ketiga pembeli tidak perlu kebingungan mencari nomor rekening untuk membayar barangnya, karena semua transaksi lewat rekening bersama Prelo, dan penjual pun tidak perlu repot mengecek saldo bank nya, karena dalam aplikasi Prelo akan ada pemberitahuan bahwa pembeli sudah membayar barangnya. Uang yang dikirim pembeli akan masuk ke penjual lewat Prelo Balance. Apasih Prelo Balance itu? Prelo balance adalah uang virtual dalam aplikasi Prelo yang bisa digunakan untuk membeli barang, atau juga bisa diuangkan. Transaksi tentu jadi lebih gampang pakai Prelo Balance karena ngga perlu repot transfer lewat bank.

Keuntungan yang keempat adalah keuntungan paling penting. Barang yang kita simpan dan tidak digunakan, bisa berguna buat orang lain. Meskipun lewat jual beli, setidaknya barang tersebut jadi punya nilai. Nggak Cuma penjual dan pembeli barang saja yang seneng, barangnya pun ikut seneng karena ternyata dia masih berguna dan punya harga ^^.

Kalo sudah siap untuk menggunakan aplikasi Prelo ini, caranya mudah banget lho. Cukup buka playstore di Handphone masing – masing, pakai fitur cari dengan menuliskan kata kunci Prelo, dan aplikasi Prelo akan ditampilkan dan siap untuk kamu install. Yuk, segera Install dan nikmati keuntungannya!

Kebetulan, saya berniat untuk menjual tas sekolah saya. Tas ini saya pakai ketika saya masih SMA, jadi sudah sekitar 3 tahun dipakai, dan disimpan kurang lebih 2 tahun karena tak digunakan lagi saat saya kuliah. Daripada Cuma disimpan dalam gudang, lebih baik saya jual lewat Prelo, karena kondisi barangnya juga masih oke.

IMG_20170516_053203

Sebelum mengunggah jualan, saya perlu memeriksa keadaan tas saya. Periksa nya harus teliti, jangan sampai ada keadaan tas yang tidak diketahui dan bisa merugikan pembeli. Cacat pada barang jangan disembunyikan, karena nanti bisa mengurangi kepercayaan pembeli, reputasi jadi turun, dan yang paling penting, dapat dosa 😦

IMG_20170516_053347

Setelah diperiksa, ternyata pada bagian kantong air minum ada robek sedikit. Selain itu, warna tas pada bagian bawah tas juga agak pudar. Sip, setelah ketemu cacatnya, catat dan  potret! Selain pada bagian cacatnya, saya juga harus memotret keseluruhan badan tas saya, baik dari depan, belakang, samping, juga merk / logo tas supaya bisa diunggah di Prelo.

 

Selesai inspeksi barang, sekarang saya baru bisa menjual tas bekas saya ini. Cara untuk menjual barang adalah, meng klik ikon menu (garis tiga) di kiri atas, maka akan ditampilkan menu – menu yang ada, pilih menu Jualan saya, Lalu klik tombol Jual.

Screenshot_2017-05-16-08-09-34-400_com.prelo.android

Dari laman jual ini, kelihatan kan betapa ramahnya Prelo terhadap penggunanya? Saya bahkan nggak perlu membaca bantuan untuk menggunakannya. Saya pun bisa langsung memulai menulis spesifikasi tas yang akan saya jual. Pertama – tama, saya unggah / upload semua foto yang akan ditampilkan di jualan saya. Tampilkan foto sejelas – jelasnya ya kawan, supaya meningkatkan kepercayaan pembeli terhadap barang kita.

Screenshot_2017-05-16-08-09-20-475_com.prelo.android

Setelah memilih foto yang sesuai, sekarang sudah bisa menulis detail barang. Sudah ada keterangan fungsi dari masing – masing textbox, saya pun bisa langsung menulis detail tas second saya. Pada salah satu textbox ada yang lucu nih, saya bisa berbagi cerita spesial di balik barang yang saya jual. Selain untuk berbagi kisah, mungkin kisah inspiratif, kadang ada beberapa kisah yang membuat value dari barang tersebut meningkat. Tapi sayangnya, tas yang saya jual Cuma tas biasa dan nggak ada kisah spesialnya, jadi cukup tulis aja seadanya.

 

Kalo detail barangnya udah lengkap, sekarang saya bisa menentukan harga jual tas second saya. Seingat saya, saya beli tas itu sekitar 300 ribuan, maka saya tulis 300 ribu. Kalo kurang yakin, saya bisa mencari harga jual untuk tas itu dari internet, namun karena sudah yakin ya cukup aja tulis segitu. Lalu, karena umur tasnya udah lama, jadi saya jual murah aja hehe, tapi karena memang kondisinya masih oke, jangan murah – murah juga haha.

Kemudian saya klik tombol lanjutkan, maka akan ditampilkan laman kayak gini :

Screenshot_2017-05-16-08-12-19-377_com.prelo.android

Laman ini untuk memberitahu penjual berapa uang yang didapat setelah kena charge darI Prelo. Kalo pengen menambah keuntungan, bisa banget loh share jualan kamu ke social media.

Screenshot_2017-05-19-11-26-08-566_com.prelo.android

Kalo udah yakin, tinggal pencet Upload barang dan tunggu pembelinya ^^. Semoga ada yang beli yaa, aamiin.

Nggak Cuma menjual, kita juga bisa membeli barang secondhand dari orang lain melalui aplikasi ini. Karena saya mau menjual tas lama saya, saya jadi ingin membeli tas baru yang lebih kecil. Mencari barang di prelo tuh gampang banget, karena di halaman depan sudah terpampang kategori kategori barang, seperti women, kosmetik, dan sebagainya. Ada juga fitur filter di kanan atas, yang gambarnya corong, untuk fitur pencarian yang lebih spesifik. Untuk mempersingkat waktu pencarian, saya akan pakai menu filter aja.

Setelah itu, klik filter, maka akan ditampilkan pencarian sesuai dengan yang saya inginkan. Laman akan menampilkan daftar tas second dari harga terendah.

Screenshot_2017-05-19-18-51-24-228_com.prelo.android
Hasil pencarian dari harga terendah

 

Ada beberapa barang yang menarik perhatian saya nih. Nah, solusinya gimana dong? Tenang aja, ada fitur love di Prelo kalo kamu masih menimbang – nimbang barang mana yang ingin dibeli. Nanti kalo udah selesai mikir, tinggal klik menu Lovelist, dan klik tombol beli. Lovelist ini berfungsi supaya kita nggak perlu lagi mencari – cari barang yang sebenernya kitanya udah sreg / suka tapi masih ragu mau beli, penanda gitu lah nama lainnya.

 

Nah, kalo saya udah selesai mikir – mikirnya, tinggal deh klik tombol beli di barang yang saya suka. Karena saya masih mikir – mikir, jadi barang – barangnya masih di Lovelist dulu aja yaa hehe.

Saya suka banget pake aplikasi Prelo ini. Karena first impression yang bagus waktu saya pake aplikasi ini, jadi nya saya jadi kecanduan pakenya. Apalagi display nya adalah warna favorit saya hehe. Desain tampilan juga super simpel dan user friendly, itu sangat penting buat aplikasi e-commerce, karena kalo sekali ada yang membingungkan, kadang pengguna cenderung males pake aplikasi itu lagi.

Well, Prelo berhasil membuat inovasi baru dalam hal user interface dan online shop di Indonesia. Selain tema jualannya yang lain daripada yang lain, Prelo juga mendukung tampilan yang menarik namun simpel, plus keamanan pengguna yang terjamin. Jangan lupa jual -beli lewat Prelo ya, Online Shop untuk Jual Beli Barang Bekas yang Aman dan Berkualitas!

 

 

Advertisements

comments juseyoo~

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s